KAGAMA Virtual (The Embryo)

Saat ini ada beberapa segregasi alumni atau penggabungan kelompok tertentu yang saya sebut saja sebagai “simpul-simpul” komunikasi antar alumni. Ternyata kita mempunyai simpul sesama fakultas, simpul sesama angkatan, simpul-simpul kegiatan, serta simpul lain-lain (minat).

Saya tidak menyebutkan simpul ini sebagai pengkotakan namun ini bisa jadi potensial utk menggabungkannya dan merupakan salah satu tugas KAGAMA utk menyatukanya.

Simpul-simpul antar jurusan/fakultas sangat jelas fungsi dan kedudukannya, juga simpul-simpul angkatan. Dan ini sudah bisa dikoordinir oleh KOMSAT fakultas-nya, Namun simpul-simpul generasi ini perlu juga digabungkan atau malah justru sebagai connection antar simpul yang sudah ada.

Simpul-simpul ini kalo aku lihat ada empat kelompok generasi :

1. Simpul Generasi Prangko … Ini biasanya para kakak-kakak alumni angkatan 60-an dan sebagian angk 70-an. Frekuensi komunikasi mungkin jarang namun sekali kumpul sangat efisien. …. karena sudah mapan biasanya masalah dana ndak masalah … he hehe maksa deh.

2. Simpul Generasi Telpon dan Fax … Ini angkatan 70an dan 80an. Generasi ini kayaknya sedang jadi belalang (naik daun). banyak yang punya jabatan yang masih di profesinya masing-masing atau pindah profesi yang bda dengan jurusan yang diambil di UGM dan sedang getol- getolnya kerja. Ngumpul-ngumpul juga sering …. namun hanya kalo sesama atau sesuai dengan profesi yang digeluti…. dikumpulin agak sulit … sibuk kerja dll … lagi hobi kerja … ngumpulin bekal …

3. Simpul Generasi imil dan Internet … Ini angkatan akhir 80an dan 90 an Ini yang ada di milisi ini …. bisa ggumpul juga kalo ada acara ndongeng …. banyak haha-hihi … tapi share info jalan lebih bagus. Simpul ini banyak juga terpecah menjadi simpul kecil-kecil dalam milist alumn seangkatan … misal si kepala batu (stonehead) dll. Karena masih muda … beberapa masih malu-malu kalo ngumpul … perasaan minder dengan temen lain jelas ada. Potensi sebagai penyambung antar angkatan sangat dimungkinkan karena sprektrum ke atas-kebawah masih bisa dijangkau.

4. Simpul Kampus (Generasi akhir 90-an hingga 2000 an). Ini masih banyak yang kuliah dan ada juga yang fresh from the oven … dan masih dipajang di etalase … belum dapet kerjaan. Semangatnya sangat besar …

Selain itu tentunya ada banyak juga alumni yang bisa cross linkcross talk antar simpul ini.

Menurutku sangat sulit (kalo ndak boleh bilang tidak mungkin) menggabungkan semua ini dalam satu simpul besar yang komunikasinya nyampur baur. Karena masing-masing memiliki karakteristik khusus dan khas. Ndak mungkin aku ngomong haha-hihi dengan yang jauuh muda-

muda …. aku sukanya lagu Let Zepplin dan Deep Purple … mreka maunya Limp Biz Kits dan Shiela on7. Sedangkan para kakak-kakak alumni Simpul prangko lebih suka dengan Nat King Cole dan Campur Sari. Jelas kegiatan masing-masing simpul sih bagus-bagus saja … asal masih membawa jiwa dan semangat kebersamaan almamater.

Jadi saran saja dalam temu alumni adalah menghubungkan simpul-simpul ini, sehingga masing-masing simpul mendapatkan peran yang sesuai …

Nah sepertinya UGM-club sudah memulainya dengan mengumpulkan seluruh simpul-simpul ini, Dan dapat menjadikannya sebagai media network yang akan “cross border” …. baik angkatan, fakultas, jurusan, minat dsb.

KOMSAT VIRTUAL …. ? ….. Siapa takut …..

Kontributor: Pakdhe Rovicky Dwi Putrohari

———–

Please info temen-temen semua …. aku lagi nulis niiih buat Mas Iwan Sam

RDP 11409/TGeologi-81

[ditulis di mailist UGM-club Jul 6, 2001, saat berlangsungnya Munas Kagama di Balikpapan]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: