Oleh-Oleh MUNAS KAGAMA 2009

Alhamdulillah, berkat dorongan para advisor dan kawan-kawan KAGAMA Malaysia, akhirnya ibu Medria Kusuma Dewi sebagai ketua sekaligus wakil KAGAMA MY bisa menghadiri MUNAS KAGAMA Dec 19-20-2009 di Yogyakarta. Beliau sampai juga ke Yogya dengan menembus ‘peak season’, shubuh di airport, dan siangnya langsung gabung sidang pleno di UGM Yogyakarta.

Berikut adalah ringkasan suasana dan hasil MUNAS KAGAMA 2009 yang merupakan oleh-oleh dari ketua KAGAMA MY:

1.  Lumayan komplit yang hadir di MUNAS KAGAMA kali ini, mulai dari Ketua Umum Ngarso Pak Sultan, DPO (Dewan Pembina), ketua2 cabang seluruh Indonesia dari Loksemawe hingga Ujung Timur, sampai overseas negeri jiran Malaysia. Dari pusat UGM, para senior, ex rektor, ex dekan2…..Pak Sultan datang tepat waktu, surpised lagi !! very low profile, kerakyatan, sangat sederhana.

2.  Dibuka oleh ketua Umum, disambung arahan untuk program kerja KAGAMA.

3.  Ketua-2 biro/program memberikan paparan program. Antara lain: memberikan informasi lapangan kerja bagi alumni, menyelenggarakan job fair, membangun komunikasi dengan alumni dalam maupun luar negara untuk membentuk jaringan beasiswa, data base, dll.

4.  Kenalan masing-masing cabang, ketika tiba giliran cabang Malaysia, applaussseee…, jauh-jauh datang, ketua umum dan peserta lain sangat merespon kedatangan cabang Malaysia. Alhamdulillah.

5. Tanggapan dari cabang-cabang, kendala-kendala, dsb. Yang dikeluhkan (rata-rata dari alumni) bagaimana membangun self confidense para alumni, karena rata-rata low profile….

6.  Laporan kegiatan-kegiatan dari berbagai cabang. Yang unik, diantaranya;

Loksoemawe: Banyak bea siswa untuk daerah ini, berkat tsunami. Perhatian UGM cukup banyak untuk Loksemawe/Aceh. Oiya.., total 26% yang bebas bayar dari seluruh mahasiswa yang masuk, dengan kriteria, tidak mampu tetapi lolos ujian saringan. Beaya selain dari UMandiri juga alumni.

Jember: Pertemuan alumni rutin di hari ahad, olah raga bareng, jalan kaki, sebab yang aktif semuanya S2 dan S3 (Sampun Sepuh, dan Sampun Sepuh Sekali).

DKI: Paling banyak kegiatan dan program2nya.

7.  Laporan dari cabang Malaysia adalah yang paling unik, sebab disampaikan dalam bentuk slide (yang lain tidak), foto-foto kegiatan kita selama ini disampaikan dalam waktu 5 menit presentasi

8.  Kemudian respon ketua umum, dan ditutup sore itu juga.

9.  Lain-lain:

Dari salah satu DPO, Prof. Sutaryo (Pediatrics Hematology Oncology) – Fakultas Kedokteran, KAGAMA MY mendapat ‘HADIAH DVD’ tentang Ke – UGM – an yang isinya mengenai sejarah UGM dan Visi-Misi UGM.

Berharap DVD ini bisa di share dengan kawan-kawan alumni di MY, isinya sungguh menyesak kan dada …, ternyata sejarah UGM tidak lepas dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ketika melihat DVD-nya, kira-in biasa-biasa, tenyata ‘LUAR BIASA’, ini merupakan dokumentasi mahal.

Diceritakan Dr. Sarjito mengajar kuliah. Kala itu Siti Hinggil dan pos penjagaan keraton dipakai untuk kuliah, sedangkan lab-nya di kandang kuda. Mahasiswa belajar dan juga ikut berperang, ada yang gugur sebagai tentara pelajar, sangat mengharukan. Ternyata UGM adalah kampus perjuangan dan di awal berdirinyapun penuh perjuangan. Kemerdekaan RI, Perang, UGM, Keraton Ngayogyakarto, Sultan HB IX, adalah satu kesatuan cerita sejarah yang mahal harganya…dan bersyukur kita mendapatkan dokumentasi tersebut. Insya Allah pada pertemuan KAGAMA MY nanti bisa nonton bareng DVD yang berdurasi 30 menit ini.

Salam KAGAMA

 

Kuala Lumpur, 01 January 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: