KAGAMA Merambah Nageri Jiran

Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai universitas negeri tertua di Indonesia telah meluluskan ribuan mahasiswa dalam berbagai bidang disiplin ilmu pengetahun. Hari ini, banyak alumni salah satu universitas terbaik di Indonesia ini telah menyebar ke berbagai daerah di dalam dan di luar negeri. Malaysia merupakan salah satu negara yang banyak di huni oleh para alumni UGM, baik alumni yang merupakan orang tempatan Malaysia sendiri maupun para alumni yang berasal dari Indonesia yang melanjutkan belajar ataupun bekerja sebagai ekspatriat di negeri jiran ini.

KAGAMA MalaysiaKAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) yang didirikan pada tanggal 18 Desember 1958 di Yogyakarta merupakan organisasi yang dimaksudkan sebagai wadah komunikasi para alumni UGM untuk mewujudkan sikap hidup dan pengabdian kepada bangsa dan negara yang bersumber pada cita-cita almamater. Di tanah air sendiri KAGAMA telah memiliki cabang hampir di seluruh provinsi di Indonesia.

Terdorong oleh rasa kebersamaan, pengabdian dan sebagai sarana komunikasi antara sesama alumni di perantauan, maka dibentuklah KAGAMA MALAYSIA pada tanggal 18 April 2009. Acara yang berlangsung dengan penuh kekeluargaan dan keakraban itu dihadiri oleh sekitar 80 kagamawan-kagamawati beserta keluarga.

Hadir dalam acara tersebut bapak Djoko Harjanto sebagai Minister Counsellor Politics di KBRI Kuala Lumpur yang merupakan alumni Fisipol UGM angkatan 1976. Turut hadir juga guru besar fakultas Psikologi UGM, Prof. Koen Koentjoro, yang juga sebagai visiting professor di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), dan para ekspatriat serta para dosen dan alumni UGM yang sedang belajar di berbagai universitas di Malaysia.

Pada acara tersebut, dipilih bapak Rovicky Dwi Putrohari sebagai ketua KAGAMA Malaysia. Sedangkan saudara Meilana Siswanto dan saudara Adi Trianto terpilih sebagai sekretaris dan bendahara.

Harapan kedepan, semakin banyak para alumni warga tempatan Malaysia yang ikut berperan aktif dan diharapkan KAGAMA Malaysia bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi sesama alumni, almamater, bangsa Malaysia sendiri dan bangsa Indonesia. KAGAMA Malaysia juga berharap mampu menyumbangkan peran dan pemikirannya demi masa depan dan hubungan baik antara bangsa Indonesia dan Malaysia. Semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: